Kamis, 17 Mei 2012

LAPORAN BPFR

LAPORAN PRAKTIKUM
BAHAN PAKAN DAN FORMULASI RANSUM

Disusun oleh :
Nuraini Sinarasati
10/301502/PT/05871

PENDAHULUAN

Bahan pakan (feed stuff) adalah setiap bahan yang dapat dimakan, disukai, dan dapat dicerna sebagian atau seluruhnya, tidak membahayakan bagi pemakannya. Berdasarkan sifat fisik dan kimia yang spesifik menurut kegunaannya bahan pakan dibagi menjadi 8 (delapan) kelas, yaitu hijauan kering dan jerami kering, hijauan segar, silase, sumber energi, sumber protein, sumber mineral, sumber vitamin, dan aditif pakan, (Utomo et al., 2008).
Praktikum bahan pakan dan formulasi ransum bertujuan untuk menganalisis proksimat, mengetahui kandungan nutrisi dalam sampel bahan pakan. Manfaat praktikum analisis proksimat adalah mengetahui kadar air, kadar abu, kadar protein kasar, kadar lemak kasar, kadar serat kasar dan kadar bahan ekstra tanpa Nitrogen (BETN). Praktikum kali ini menggunakan konsentrat untuk diteliti. Konsentrat yang digunakan adalah tepung jagung kuning.



HASIL DAN PEMBAHASAN
ANALISIS PROKSIMAT
TEPUNG JAGUNG

Pengamatan Fisik
Setelah dilakukan penimbangan terakhir, dilakukan pengamatan fisik yang bertujuan untuk mengidentifikasi jenis bahan pakan. Tahap pengidentifikasian bahan pakan, yaitu :
Tabel 1. Pengamatan fisik
Parameter
Pengamatan
Tekstur
Halus agak kasar
Warna
Kuning kecoklatan
Bau
Seperti bekatul
Rasa (bila perlu)
Tawar
Berdasarkan hasil pengamatan fisik pada table 1, bahan pakan yang diamati memiliki tekstur yang halus agak kasar, berwarna kuning kecoklatan, berbau seperti bekatul, dan rasanya tawar. Dari hasil pengamatan diprediksi bahan pakan tersebut adalah tepung jagung.
Tanaman jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan biji-bijian dari keluarga rumput-rumputan. Berasal dari Amerika yang tersebar ke Asia dan Afrika melalui kegiatan bisnis orang-orang Eropa ke Amerika. Orang Belanda menamakannya mais dan orang Inggris menamakannya corn. Tanaman jagung sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan hewan. Di Indonesia, jagung merupakan komoditi tanaman pangan kedua terpenting setelah padi. Tanaman ini memiliki banyak kegunaan, sebab hampir seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Batang dan daun muda dapat digunakan untuk pakan ternak. Batang dan daun tua (setelah panen) digunakan untuk pupuk hijau atau kompos. Batang jagung sebagai lanjaran (turus) dan pulp atau bahan kertas. Buah jagung muda (putren, Jawa) digunakan untuk sayuran (Anonim, 2010).
Jagung adalah biji-bijian yang paling banyak mendapat perhatian peneliti. Jagung sangat disukai ternak (palatable), dapat digunakan oleh sapi atau kerbau dari segala umur, memenuhi syarat sebagai sumber energi, karbohidrat dan kecernaan lemaknya tinggi, mudah disimpan, mudah digunakan bersama bahan makanan lain, dan yang kuning merupakan sumber karoten yang baik (Parakkasi, 1995).
Jagung (Zea mays) mempunyai kandungan protein rendah dan beragam dari 8 sampai 13%, tetapi kandungan serat kasarnya rendah (3,2%) dan kandungan energi metabolismenya tinggi yaitu 3130 kkal/kg. oleh karena itu, jagung merupakan sumber energi yang baik. Kandungan serat kasarnya yang rendah memungkinkan jagung digunakan dalam tingkat yang lebih tinggi. Jagung juga mempunyai kandungan asam linoleat yang baik dan juga sumber asam lemak esensial yang baik. Kandungan protein dan serat kasar jagung lebih rendah dibandingkan pada barley, oats, dan gandum (Agus, 2008).
Tabel  2. Kandungan Nutrisi Biji Jagung Kuning
Parameter
Literatur
Bahan Kering (%)
86 %
Abu (%)
1,7%
Serat Kasar (%)
2,2%
Protein kasar (%)
8,9 %
Ekstrak Eter (%)
4,0 %
BETN (%)
68,6 %
(Hartadi et al., 2005)
Konsentrat (concentrate) adalah suatu bahan makanan yang dipergunakan bersama bahan makanan lain untuk meningkatkan keserasian gizi dari keseluruhan makanan. Tujuan pemberian konsentrat pada pakan yaitu untuk disatukan dan dicampur sebagai suplemen atau makanan pelengkap. Contohnya, jagung, bungkil kedelai, tepung ikan, dan sebagainya (Hartadi et al., 2005).
Di dalam bahan pakan terdapat suatu zat yang dapat mengganggu kesehatan ternak bahkan dapat mematikan. Zat tersebut disebut anti kualitas atau disebut juga anti nutrien. Anti kualitas dapat dibagi menjadi 5 yaitu zat glukosida, zat alkaloid, asam-asam, asam amino, dan protein (Utomo et al., 2008). Jagung memiliki zat anti nutrisi yaitu selenoamino acids atau seleniferous (Anonim, 2008).


Analisis Proksimat
            Analisis proksimat merupakan suatu metode analisis dan menggolongkan komponen yang ada pada makanan (Hartadi et al., 2008). Disebut analisis proksimat karena nilai yang diperoleh haya mendekati nilai komposisi yang sebenarnya. Berdasarkan hasil praktikum didapatkan data sebagai berikut :
Tabel 3. Hasil analisis proksimat
Parameter
Pengamatan
I
II
Rata-rata
Kadar Air (%)
9,17 %
9,26 %
9,215 %
Bahan kering (%)
90,83%
90,74%
90,785%
Protein kasar (%)
12,12%
5,455%
8,7875%
Serat kasar (%)
7,45%
7,27%
14,72%
Lemak kasar (%)
7,80%
10,66%
9,23%
Abu (%)
3,38%
3,02%
3,2%
BETN (%)
67,448 %
70,996%
69,222%
Total



 

Penetapan Kadar Air. Air yang terkandung di dalam suatu bahan pakan akan menguap seluruhnya apabila bahan  tersebut dipanaskan selama beberapa waktu pada suhu 105 sampai 110o C (Tilman et al., 1998). Bahan pakan konsentrat pada umumnya berada pada kondisi kering udara atau dry weight dan sering disebut kondisi as fed yaitu keadaan apa adanya (Utomo et al., 2008).
Alat yang digunakan dalam penetapan kadar air adalah silica disk, desikator, tang penjepit, oven pengering (105 sampai 1100 C), dan timbangan analitik. Bahan yang digunakan dalam penetapan kadar air adalah cuplikan bahan. Penetapan kadar air dilakukan dengan cara silica disc dibersihkan dan dikeringkan dalam oven 105o sampai 1100selama 1 jam lalu didinginkan dalam desikator selama 1 jam. Pemanasan pada suhu 105-110 ยบ C diharapkan pada suhu tersebut air yang terkandung dalam bahan tersebut telah menguap semua sehingga diperoleh bobot yang tetap (Kamal,1994). Silica disc digunakan karena lebih kuat panas dibandingkan vochdoos. Desikator terbuat dari besi berfungsi  untuk menstabilkan suhu, sedangkan eksikator terbuat dari kaca yang tebal namun kegunaanya sama dengan desikator. Kemudian berat silica disk ditimbang (X gram). Sampel bahan pakan ditimbang beratnya kurang lebih 1 gram dan dimasukkan ke dalam silica disk. Sampel bahan pakan dan silica disk dikeringkan dalam oven 105o sampai 1100selama 8 sampai 24 jam lalu didinginkan dalam desikator selama 1 jam. Sampel bahan pakan bersama silica disk ditimbang (Y gram), kemudian kadar air dan bahan kering dihitung. Didapatkan kadar air dalam keadaan DM 9,215% dan kadar bahan keringnya 90,785%. Menurut Hartadi et al., (2008) bahwa kadar air dalam tepung jagung kuning dalam 86% BK adalah 14%. Persentase kadar air yang diperoleh tidak sama dengan persentase kadar air dalam literatur, hal ini disebabkan oleh kekurang telitian saat menimbang dan mengukur bahan pakan yang diamati.

Perhitungan

100%
Dimana =  X adalah bobot gelas timbang silica disk
                   Y adalah bobot sampel bahan pakan
                   Z adalah bobot silica disk + sampel setelah dioven 105-1100 C
Kadar bahan kering  =  100% - kadar air

Penetapan Kadar Abu. Abu atau mineral diperoleh dengan jalan membakar sempurna bahan pakan pada temperatur 550o C sampai semua bahan organik terbakar (Utomo et al., 2008). Alat yang digunakan dalam penetapan kadar abu adalah silica disk, desikator, tang penjepit, tanur, oven pengering (105 samapi 1100 C), dan timbangan analitik. Bahan yang digunakan dalam penetapan kadar abu adalah cuplikan bahan. Penetapan kadar abu dilakukan dengan cara silica disk yang sudah bersih dikeringkan dalam oven pada suhu 105 sampai 110°C selama 1 jam lalu didinginkan dalam desikator dan ditimbang (X gram). Cuplikan bahan ditimbang seberat 1 gram (Y gram) dan dimasukkan dalam silica disk kemudian ditanur 550 sampai 600°C selama 2 jam hingga berwarna putih seluruhnya. Tujuan sampel ditanur pada suhu 550 sampai 6000C untuk mengoksidasi semua zat organik. Setelah itu suhu diturunkan hingga 120°C kemudian dimasukkan ke dalam desikator selama setengah jam. Fungsi sampel dimasukkan kedalam desikator untuk menghindari terkontaminasinya sampel oleh udara luar. Setelah dingin ditimbang (Z gram). Kemudian kadar abu dihitung. Didapatkan kadar abu dalam keadaan DM 3,2%. Menurut Hartadi et al., (2008), kadar abu tepung jagung kuning adalah 1,9%. Kadar abu yang diperoleh tidak sama dengan kadar abu dalam literatur, hal ini disebabkan oleh sedikitnya kadar air yang diperoleh.
Perhitungan
Dimana, X adalah bobot silica disk kosong, Y adalah bobot sampel + silica disk sebelum ditanur, dan Z adalah bobot sampel + silica disk setelah ditanur.
Kadar bahan organik = 100% - kadar abu

Penetapan Kadar Serat Kasar. Serat kasar adalah bahan organik yang tahan terhadap hidrolisis asam dan basa lemah (Utomo et al., 2008). Alat yang digunakan dalam penetapan kadar serat kasar adalah beaker glass 600 ml, pemanas, saringan linen, serat gelas (glass wool), alat penyaring Buchner atau Crucible, gelas arloji, tang penjepit, desikator, tanur (550 sampai 6000C), dan timbangan analitik. Bahan yang digunakan dalam penetapan kadar serat kasar adalah cuplikan bahan, H2SO4 1,25% (0,255 N), NaOH 1,25 % (0,313 N), dan ethyl alkohol 95%. H2SO4 1,25% (0,255 N) digunakan untuk menghidrolisis karbohidrat dan protein. NaOH 1,25 % (0,313 N) digunakan untuk penyabunan lemak.
Penetapan kadar serat kasar dilakukan dengan cara menimbang cuplikan bahan sebanyak 1,5 sampai 2,0 gram (X gram) kemudian dimasukkan ke dalam Beaker glass 600 ml dan ditambahkan H2SO4 200 ml 1,25% lalu dipanaskan hingga mendidih, setelah mendidih kemudian dihitung selama 30 menit. H2SO4 digunakan untuk menghidrolisis karbohidrat dan protein. Kemudian cuplikan tersebut disaring melalui saringan linen dengan bantuan pompa hampa. Hasil saringan (residu) dimasukkan ke dalam Beaker glass dan ditambahkan 200 ml NaOH 1,25% lalu dididihkan, setelah mendidih kemudian dihitung selama 30 menit. NaOH digunakan untuk penyabunan lemak. Fungsi perebusan dengan larutan asam terlebih dahulu baru kemudian larutan basa karena disesuaikan dengan sistem pencernaan pada hewan monogastrik yang tidak bisa mencerna serat kasar. Kemudian disaring menggunakan crucible yang telah dilapisi glass wool dengan bantuan pompa hampa lalu dicuci dengan air panas dan 15 ml ethyl alkohol 95%. Ethyl alkohol digunakan untuk mencuci ampas agar terbebas dari lemak. Hasil saringan (termasuk glass wool) dimasukkan pada alat pengering suhu 105 sampai 1100 C selama 1 malam kemudian didinginkan dalam desikator dan ditimbang (Y gram).  Crucible dan isinya dibakar pada tanur bersuhu 550 sampai 6000 C sampai berwarna putih seluruhnya (bebas karbon). Crucible dan isinya dikeluarkan dan didinginkan dalam desikator lalu ditimbang (Z gram). Crussible harus dilapisi glass wool pada saat penyaringan agar sampel tidak ikut terbuang ketika penyaringan karena lubang penyaringan pada crussible yang terlalu besar (Kamal, 1994). Kemudian kadar serat kasar dihitung dan didapatkan kadar serat kasar dalam keadaan DM 14,72%. Menurut Hartadi et al., (2008) bahwa kadar serat kasar tepung jagung kuning adalah 2,61%. Menurut Tillman (1998), semakin tua umur sesuatu tanaman, semakin tinggi serat kasar yang dimiliki. Semakin muda umur tanaman kadar serat kasarnya semakin rendah sebab, umur tanaman, jenis tanaman, komposisi tanaman mempengaruhi kadar serat kasar dalam bahan pakan.

Perhitungan

Dimana, X adalah bobot sample awal, Y adalah bobot sample setelah dioven 1050 C, dan Z adalah bobot sisa pembakaran 550 sampai 6000 C.
Penetapan Kadar Protein Kasar. Alat yang digunakan dalam penetapan kadar protein kasar adalah labu Kjeldahl 650 ml, labu Erlenmeyer 65 ml dan 300 ml, gelas ukur 100 ml, buret, corong, pipet volume 25/30 ml, alat destruksi dan destilasi serta timbangan analitik. Bahan yang digunakan dalam penetapan kadar protein kasar adalah cuplikan bahan, H2SO4 pekat, CuSO4 dan K2SO4, kjeltab, NaOH 50% 0,1 N, H3BO3 0,1 N, indikator mix, dan Zn logam. Penetapan kadar protein dilakukan melalui 3 tahap yaitu destruksi, destilasi, dan titrasi.
Reaksi destruksi, cuplikan bahan ditimbang seberat 0,5 gram (Z gram) tergantung dari macam bahan. Dua butir batu didih, 20 ml H2SO4 pekat dan seperempat tablet Kjeltab disiapkan kemudian cuplikan dimasukkan ke dalam tabung destruksi yang bersih dan kering. Kompor destruksi dihidupkan kemudian tabung destruksi ditempatkan pada lubang yang ada pada kompor dan pendingin dihidupkan. Skala yang ada pada kompor destruksi diset kecil kurang lebih 1 jam. Destruksi diakhiri bila larutan berwarna jernih kemudian didinginkan dan dilanjutkan proses destilasi.
Reaksi destilasi, hasil destruksi diencerkan dengan air sampai volumenya 300 ml kemudian digojog agar larutan homogen. Erlenmeyer 650 ml diisi dengan 50 ml H3BO3 0,1 N dan 100 ml air serta 3 tetes indikator mix. Penampung dan labu Kjeldahl dipasang dalam alat destilasi. Air pendingin dihidupkan (panas maksimum pendingin 800 F) dan tombol ditekan hingga menyala hijau. NaOH 50% dimasukkandengan cara dispersing ditekan ke bawah dan harus melalui dinding tabung. Handle steam diturunkan ke bawah sehingga larutan dalam tabung mendidih. Setelah destilat mencapai 200 ml, destilasi diakhiri lalu blanko dibuat menggunakan ciplikan berupa H2O dan didestilasi seperti cara di atas.
Reaksi titrasi, hasil destilasi dititrasi dengan HCL 0,1 N sampai timbul perubahan warna. Reaksi ini bertujuan untuk mengetahui jumlah N yang terdestilasi. Kemudian kadar protein kasar dihitung dan didapatkan kadar protein kasar dalam keadaan DM 8,7875%. Menurut Hartadi et al., (2008) bahwa kadar protein tepung jagung kuning adalah 7,9%.

Perhitungan

Dimana                      =  X adalah jumlah titrasi sample
                                        Y adalah jumlah titrasi blanko
                                        Z adalah bobot sample (gram)
N adalah normalitas HCl

Penetapan Kadar Lemak Kasar. Alat yang digunakan dalam penetapan kadar lemak kasar adalah seperangkat alat ekstraksi dan selongsong dari Soxhlet, labu penampung, alat pendingin, oven pengering, desikator, tang penjepit, timbangan analitik, dan kertas saring bebas lemak. Bahan yang digunakan dalam penetapan kadar lemak kasar adalah cuplikan bahan dan petroleum benzen.
Ektraktor Soxhlet adalah alat yang digunakan untuk memisahkan suatu komponen dalam suatu padatan dengan menggunakan suatu pelarut cair. Misalnya untuk mengekstrak minyak non-atsiri (senyawa yang terdapat pada bahan alam yang tidak mudah menguap). Larutan pengekstrak ditempatkan pada labu alas bulat. Sampel yang telah dibungkus dengan kertas saring ditempatkan pada tabung ektraktor. Bagian ujung atas merupakan pendingin Allihn atau pendingin bola. Ekstraktor Soxhlet ini merupakan ektraktor kontinyu, pelarut pada labu dipanaskan dan akan menguap, terkondensasi pada pendingin, selanjutnya pelarut akan masuk pada ektraktor. Apabila pelarut telah mencapai batas atas kapiler pelarut yang telah kontak dengan sampel akan masuk pada labu (Anonim, 2008).
Lemak kasar adalah campuran beberapa senyawa yang larut di dalam pelarut lemak misalnya eter, petroleum, bezen, dan alkohol 100% (Kartadisatra, 1997). Pelarut lemak yang digunakan dalam praktikum adalah petroleum benzene. Penggunaan petroleum benzene disebabkan karena harganya lebih murah.
Penetapan kadar lemak kasar yaitu cuplikan ditimbang sekitar 0,5 gram (X gram) dan dibungkus dengan kertas saring bebas lemak, sebanyak 3 bungkus. Masing-masing dimasukkan ke dalam oven pengering 105 sampai 110OC selama semalam. Bungkusan cuplikan ditimbang dalam keadaan panas (Y gram). Bungkusan dimasukkan ke dalam alat ekstraks Soxhlet. Labu penampung diisi denga petroleum benzen sekitar ½ volume. Alat ekstraksi Soxhlet juga diisi sekitar ½ volume dengan petroleum benzen. Labu penampung dan abung Soxhlet dipasang, pendingin dan penangas dihidupkan. Ekstraksi selama sekitar 16 jam (sampai petroleum benzene dalam alat ekstraks berwarna jernih). Pemanas dimatikan, kemudian sampel diambil dan dipanaskan dalam oven pengering (105-110oC) selama semalam. Dimasukkan dalam desikator semalaman lalu ditimbang (Z gram). Kadar lemak kasar berdasarkan praktikum ialah 9,23 %. Menurut Hartadi et al., (2008) yang menyatakan bahwa kadar lemak kasar tepung jagung kuning sebesar 8,0%.
Perhitungan
Kadar lemak kasar (ekstrak ether) =  x 100%
Dimana = X adalah bobot sampel awal
  Y adalah bobot sampel+kertas saring bebas lemak setelah oven 105OC (belum ekstraksi)
  Z adalah bobot sampel+kertas saring bebas lemak setelah oven 105OC (setelah ekstraksi)

Penetapan kadar Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen. Bahan ekstrak tanpa nitrogen terdiri atas karbohidrat yang mudah larut terutama pati yang kecernaannya tinggi (Utomo et al., 2008). Penetapan kadar BETN diperoleh dengan dilakukan perhitungan menggunakan rumus 100% - jumlah % dari kelima fraksi lain. Fraksi-fraksi tersebut  yaitu air, abu, serat kasar, protein kasar, dan ekstrak eter (Tillman, 1998).   Didapatkan hasil perhitungan BETN sampel bahan pakan  67,448%. Menurut Hartadi et al., (2008) menyatakan bahwa kadar BETN tepung jagung kuning adalah 80,8%.


KESIMPULAN

Berdasarkan hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa bahan pakan yang digunakan dalam praktikum ini adalah konsentrat tepung jagung kuning. Penentuan nama bahan pakan berdasarkan hasil uji organoleptik atau ciri fisik bahan pakan yaitu memiliki tekstur yang tidak terlalu halus, berwarna kuning, baunya seperti bekatul, dan rasanya tawar. Ada pun berat kering yang diperoleh sebanyak 90,785%, protein kasar 8,7875%, serat kasar 14,72%, lemak kasar 9,23%, abu 3,2%, dan BETN 70,118%.



DAFTAR PUSTAKA

Agus, A. 2008. Panduan Bahan Pakan Ternak Ruminansia. Ardana Media. Yogyakarta

Anonim. 2008. Potensi Bahan Baku Ransum di Indonesia. Available at http://info.medion.co.id Acces by October 28th 2011

Anonim. 2008. Pengenalan Alat Laboratorium. Available at: http://labkd.blog.ugm.ac.id/2008. Acces by October 29th 2011

Anonim. 2010. Budidaya Pertanian : Jagung. Available at http://www.warintek.ristek.go.id/pertanian/jagung.pdf. Acces by October 20th 2011

Hartadi, H., S. Reksohadiprodjo, dan A. D. Tillman. 2005. Tabel Komposisi pakan untuk Indonesia. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Hartadi, H., Kustantinah, R. E. Indarto, N. D. Dono, dan Zuprizal. 2008. Nutrisi Ternak Dasar. Bagian Nutrisi dan Makanan Ternak. Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Kamal, M. 1994. Nutrisi Ternak Dasar I. Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Kartadisastra, H. R. 1997. Penyediaan dan Pengelolaan Pakan Ternak Ruminansia. Kanisius. Yogyakarta

Parakkasi, A. 1995. Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminan. Universitas Indonesia Press. Jakarta

Tilman, A. D., H. Hartadi, S. Reksohadiprojo, S. Prawirokusumo, S., Lebdosoekojo. 1998. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gadjah Mada University Pers. Yogyakarta

Utomo, R., S. P. S. Budhi, A. Agus, C. T. Noviandi., dan M. Anim. 2008. Bahan Pakan dan Formulasi Ransum. Fakultas Peternakan Universitas Gadajah Mada. Yogyakarta.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar